Beberapa manfaat asam jawa dan cara meramunya

Assalammualaikum.                                
  

                                                                 Tanaman Asam Jawa
Tanaman ini memiliki nama ilmiah Tamarindus Indica Linn, merupakan tanaman yang lazim kita jumpai di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah semi kering dan iklim basah, dapat tumbuh dikisaran tipe tanah yang luas dan hidup di tempat bersuhu sampai 47 derajat celcius, tetapi sangat sensitif terhadap es. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 25 meter, memiliki daun yang bersirip sama rata, panjang 5-13 cm, terletak berseling dengan daun menumpu seperti pita meruncing.
                                                                                
                                                                Manfaat Tanaman Asam Jawa
Manfaat dan cara meramunya : 
1. Obat herbal penurun kadar kolestrol. Hal ini disebabkan karna adanya kandungan kimia ynag berlimpah didalamnya berupa saponin,tanin,dan juga flavonoid ynag banyak. kandungan flavonoid yang banyak ini diyakini mampu meluruhkan lemak dengan cara meningkatkan sistem matebolisme tubuh.

2. Mengatasi Rematik.  
    bahan-bahan: Daun asam jawa 1 genggam, biji asam atau klungsu 2-3 biji. 
    cara meramu: Daun asam beserta bijinya ditumbuk halus kemudian ramuan siap untuk                                           dikompres pada bagian yang sakit karena rematik.

3. Mengatasi Demam.
    bahan-bahan : Daun asam jawa 1 genggam, air 1/2 liter, adas pulawaras secukupnya.
    cara meramu : Semuanya direbus bersama air sebanyak 1/2 liter hingga mendidih. kemudian disaring lalu minum 2 kali sehari, pada waktu pagi dan sore.

4. Menyembuhkan Eksem atau Bisul
     bahan-bahan : Daun asam jawa muda secukupnya, kunyit sebanyak 2 rimpang sebesar ibu                                  jari.
     cara meramu :  Kedua bahan ditumbuk bersama hingga halus. Kemudian tempelkan ramuan pada bagian yang terkena eksim atau bisul.

5. Menyembuhkan Luka Baru.
    bahan -bahan : Daun asam jawa secukupnya
    cara meramu  : Daun asam jawa dicuci hingga bersih, lalu dikunyah - kunyah sampai halus kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang luka.

6. Membuat Minuman Sinom
    bahan-bahan : Daun asam muda (sinom) 50 gr, buah asam jawa tanpa biji 25 gr, kunyit                                         diiris tipis-tipis 25 gr, air matang 100 ml, air bersih 1 liter, gula pasir/gula                                     jawa 100 gr, dan daun pandan 2 lembar.
    cara meramu : daun asam jawa,sinom,dan kunyit direbus bersama dengan air matang, dan didihkan air bersih bersama gula dan daun pandan hingga larut dan berbau wangi. Kemudian campurkan kedua ramuan tersebut sambil diaduk hingga merata, lalu saringlah setelah dingin dan minuman siap untuk diminum 

                                                Semoga Bermanfaat. Wasalammualaikum

Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer